WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI APOTIK ANDITA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Hartanti, Yana and Leasfita, Ade (2022) WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI APOTIK ANDITA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI APOTIK ANDITA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. (Unpublished)

[thumbnail of Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Apotik Andita Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Ade L.).pdf] Text
Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Apotik Andita Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Ade L.).pdf

Download (232kB)

Abstrak

Pada massa pandemi seluruh sektor menjadi menurun khususnya perekonomian, tidak lepas
dari penurunan tersebut Apotik Andita mengusahakan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan
dengan cara melayani pembelian melalui media komunikasi yaitu whatsapp. dalam hal ini whatsapp
dapat mempermudah pelayanan dengan cara pemesanan melalu chat whatsapp, video call whatsapp,
whatsaap call bahkan whatsapp didukung dengan menu stories whatsapp untuk mempermuda Apotik
Andita memasarkan produknya.
Penelitian ini menganalisis bagaimana whatsapp sebagai media komunikasi di Apotik Andita
dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada massa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah
whatsapp sebagai media komunikasi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di Apotik Andita
Pasar Pramuka dalam menghadapi masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi sebagai sumber pengumpulan
data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Apotik Andita telah menggunakan whatsapp sebagai
media komunikasi dan menggunakan teori CRM ( Costumer Relations Management ) dengan cara
mengumpulkan data pelanggan baik nomer telepon maupun alamat pelanggan untuk menghubungi
secara berkala dan menjalin hubungan dengan pelanggan, serta menyediakan karyawan khusus yang
melayani melalu whatsapp sehingga dapat menumbuhkan loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Teori CRM, Whatsapp, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Ilmu Komunikasi > Digital Media Advertising
Depositing User: Mrs Fitri Wahyu Rahmadania
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:26
Last Modified: 30 Aug 2022 09:26
URI: http://repository.stikomprosia.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item
View Item